Mengelola Stress Sampai Hilang, Bagaimana Caranya?

Mengelola Stress Sampai Hilang, Bagaimana Caranya?

Mengelola stres, mengapa tidak langsung menghilangkannya saja? Pada dasarnya, stress adalah hal yang normal terjadi, karena akan terus muncul dalam kehidupan. Tentu saja, hal ini tidak dapat dihindari. Sehingga, jika ingin menghilangkan stress di muka bumi, itu adalah hal yang sangat tidak mungkin. Itulah mengapa, stress hanya bisa “hilang”, jika kamu mampu mengelolanya dengan baik. Lantas bagaimana cara mengelola stress yang tepat?

 

1. Tahu Mengapa Stress Bisa Muncul

Stress muncul karena fokus kamu lebih cenderung pada berbagai kejadian yang membuat kamu stress, dalam hal ini disebut stressor. Sehingga, sebisa mungkin kamu akan menghadapinya dengan perasaan marah, gelisah, takut, cemas, panik, dan lainnya.

 

2. Hindari Mekanisme Pertahanan Diri Yang Kaku

Mengelola Stress Sampai Hilang, Bagaimana Caranya?

Dalam mempertahankan diri, tidak sedikit orang yang cenderung kaku dan menetap, sehingga rasa tidak aman begitu intens dan terlalu fokus pada perasaan yang cemas. Banyak pula yang terlalu memunculkan rasa bersalah. Bahkan sebaliknya, terkadang kamu cenderung embmanggakan diri. Itulah mengapa, dalam mengelola stress sangat penting untuk meminimalisir atau menghilangkan hal-hal seperti ini. Mekanisme seperti ini tentu sangat merugikan, bahkan dapat membuat siapapun akan merasa tidak nyaman.

 

3. Menghindari Hal-Hal Yang Membuat Stress

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menjauhkan atau menghindari apa saja yang membuat kamu mudah stress. Misalnya, cari tahu apa saja kegiatan yang hanya akan membuat kamu stress. Jika terpaksa, mau tidak mau harus dihadapi, maka kamu harus pintar menyiapkan diri, dengan mengetahui apa saja akibatnya dan bagaimana yang harus dilakukan agar dapat menghadapinya secara bijak dan santai.

Menarik diri memang menjadi cara yang efektif apalagi jika situasi tampak cukup menekan dan tidak dapat diatasi. Akan tetapi, cara seperti ini sebaiknya dilakukan dalam kasus sementara atau kasus yang khusus. Sebab, cara ini tidak akan membuat masalah menjadi selesai.

Baca Juga :

 

4. Asertivitas Harus Dilatih

Apa itu asertivitas? Bagaimana bersikap asertif sangat membantu mengelola stress?
Mari melihat terlebih dahulu, bagaimana ketika kamu berhadapan dengan seseorang yang sangat membuatmu tidak nyaman karena sikapnya yang seenaknya sendiri? Apakah kamu cenderung memendam semua perasaan jengkel dan kemudian langsung menumpahkannya ketika sudah tak tahan lagi? Apakah, kamu cenderung mengutarakan perasaanmu secara jujur, namun tegas?
Masing-masing orang tentu memiliki cara tersendiri. Namun, jika kamu tidak ingin sesak dengan perasaan stress yang cukup menekan kehidupanmu, maka sebaiknya bersikaplah dengan jujur.

Mengelola Stress Sampai Hilang, Bagaimana Caranya?
 
Yang dimaksud asertif adalah dengan menghadapi orang yang bersikap seenaknya tersebut, seseorang yang sedang memanfaatkan kelemahanmu. Utarakan semua perasaan yang kamu miliki terhadapnya secara jujur. Seseorang yang memiliki sikap asertif yang bagus adalah yang mampu menjalin hubungan sosial dengan siapapun secara terbuka. Ia adalah yang mampu menyatakan pandangan dan sikapnya yang berbeda secara jujur dan tegas, tetapi tanpa menjatuhkan kehormatan orang yang dihadapinya. Dengan demikian, kamu dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik.

Disisi lain, jika menggunakan cara seperti diam secara pasif, kemudian memendam rasa jengkel, ini disebut sebagai sikap agresif. Karena, kamu hanya memendam semuanya untuk kemudian diledakkan dalam bentuk amarah, memaki, sampai melakukan tindakan fisik. Hal ini tentu akan merugikan dirimu sendiri pada akhirnya.

 

5. Ubah Hal Yang Membuatmu Stress Menjadi Hal Positif

Cara terakhir yang cukup baik untuk mengelola stress adalah dengan tidak membiarkan dirimu sendiri dikuasai oleh orang yang sedang membuatmu tidak nyaman, atau dikuasai oleh masalah tertentu yang mengusik hidupmu. Jangan biarkan hal-hal tersebut menguasai dirimu dan membuatmu benar-benar stress. Misalnya, ketika kamu harus menunggu berjam-jam dalam perjalanan yang jauh, kamu bisa mendengarkan music atau membaca buku untuk menikmati perjalanan.

Itulah beberapa kiat mengelola stress yang bisa kamu coba. Semoga hidupmu jauh lebih baik dari sebelumnya, semoga bermanfaat!



Belum ada Komentar untuk "Mengelola Stress Sampai Hilang, Bagaimana Caranya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel