Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Gejala dan cara mengobati cacar air sangat penting untuk dipelajari agar anda dapat mengenali penyakit tersebut dan melakukan penanganan sedini mungkin. Cacar air juga dikenal sebagai Chicken Pox atau Varicella Simplex. Penyakit menular ini sering muncul dengan beberapa gejala umum seperti demam, pilek, badan lemah, serta tubuh tampak bintik-bintik merah di bagian dada, perut, dan juga punggung.

Tidak lama setelah itu, penderita akan mengalami penyebaran bintik-bintik merah yang cepat mencapai ke muka dan bagian lainnya. Bintik-bintik ini tidak hanya berwarna merah, namun juga seperti bergelembung dan penuh air. Mengapa anda perlu mengetahui apa saja gejala dan cara mengobati cacar air? Cacar air menimbulkan sensasi gatal yang luar biasa. Anak yang mengalami sakit cacar air tentu tidak akan nyaman, ditambah badan terasa lemah. Sehingga, hal-hal tersebut akan mempengaruhi emosional anak. Bagaimana cara mengobatinya? Berikut beberapa tips yang harus anda lakukan ketika terkena cacar air.

1. Periksa ke Dokter

Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Dokter akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat gejala dan cara mengobati cacar air secepat mungkin. Pertolongan pertama yang biasanya diberikan adalah obat turun panas, pemberian vitamin untuk mendukung daya tahan tubuh, dan pemberian obat atau salep untuk melawan virus cacar air.

Biasanya, salep yang diberiakn adalah Asiklovir. Untuk mengurangi rasa gatal, anda bisa menggunakan lotion yang memiliki kandungan aktif mentol atau fenol. Cara lainnya yang alami dan terbukti manjur adalah dengan melakukan kompres dingin secara hati-hati. Jangan sampai membuat bintil merah pecah dan menyebar. Bila perlu, anda juga sebaiknya menggunakan obat tetes mata. Hal ini disarankan supaya anda tidak mengalami infeksi cacar air pada bagian mata.

2 Jaga Kebersihan

Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Jika anda sudah tahu apa saja gejala dan cara mengobati cacar air yang tepat, maka anda wajib menjaga kebersihan tubuh anda. Ketika anda melihat ada bintil merah pecah, maka sebaiknya anda segera membersihkannya. Hal ini dikarenakan cairan didalamnya dapat memicu penyebaran.

Selain membersihkannya, anda juga harus mandi secara rutin dengan menggunakan sabun antiseptik supaya penyebaran cacar air tidak semakin parah. Bukan hanya itu, tangan adalah bagian tubuh yang paling kotor. Untuk itu, jangan sampai cacar air semakin parah akibat anda menggaruk bagian bintil merah di tubuh. Untuk membersihkan bekas gelembung yang sudah pecah, anda disarankan untku menggunakan alkohol dan bola kapas.

Baca Juga :

3. Perhatikan Apa Yang Harus Dikonsumsi

Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Informasi tentang Gejala dan cara mengobati cacar air berikutnya yang harus anda ketahui adalah bagaimana anda memperhatikan apa saja yang harus anda konsumsi ketika anda menderita cacar air. Saat tubuh mengalami serangan cacar air, maka beberapa buah-buahan yang kaya nutrisi wajib dikonsumsi. Beberapa buah-buahan yang bagus adalah pear, apel, jambu biji, dan juga jeruk. Selain buah-buahan, anda juga dapat mengkonsumsi tablet vitamin C yang bisa anda beli di apotik dengan berbagai piliha merk dan harga. Hal yang tak kalah pentingnya adalah menjaga agar tubuh tidak dehidrasi yaitu dengan rajin minum air putih.

Selain hal-hal di atas, anda juga sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang bersih dan kering. Pastikan pula bahwa tangan anda selalu dalam keadaan bersih, sehingga harus sering cuci tangan. Kuku jari tangan anda juga sebaiknya tidak panjang. Gunakan pula sabun antiseptik secara rutin setiap hari untuk mandi dua kali sehari. Demikian informasi tentang apa saja gejala dan cara mengobati cacar air yang tepat. Semoga membantu!

Belum ada Komentar untuk "Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel